Rabu, 27 Februari 2008

Madrasah Diniah (MD) NURUL ILMI


I. PENGANTAR

Segala puji dan syukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Taala, tempat berlindung dan bergantung semua makhluk di bumi dan di langit. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam, teladan umat manusia sedunia yang menginginkan kebahadiaan hidup di dunia dan akhirat.

”Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok, dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Hasyr, 59:18)

”Jika kamu meninggal dunia, maka putuslah amalnya kecuali tiga : sedekah jariah atau ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak yang saleh yang mendoakannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

II. LATAR BELAKANG

Allah swt telah memberi peringatan kepada manusia untuk bertakwa dan memperhatikan masa depannya. Hal ini berarti suatu keharusan bagi kita untuk merencanakan – akan dibawa kemanakah Umat Islam dan peradabannya ini. Dan apabila kita perhatikan, maka tampak bahwa pilar pertama kekuatan yang dimiliki umat Islam adalah kebenaran dan kesempurnakan konsep Islam sebagai agama yang tidak diragukan lagi. Sedangkan pilar kedua adalah sumber daya manusia (sdm) yang berkualitas, yang akan mewujudkan nilai yang agung ini dari tahapan konsep kepada realisasinya.

Penyiapan menuju masa depan tersebut sangat bergantung pada proses penyiapan sdm yang berkualitas. Proses utama adalah menanamkan iman, akhlak, wawasan keislaman serta pengetahuan dan teknologi dikalangan umat Islam. Semuanya tidak akan terwujud tanpa adanya penggalangan kekuatan untuk penyiapan sarana dan fasilitasnya.

III. MAKSUD DAN TUJUAN

Madrasah Diniyah (MD) Nurul Ilmi merupakan wadah pendidikan untuk peserta didik yang telah mengikuti jenjang Taman Pendidikan Al-Qur’an sehingga mendapatkan program pembelajaran ilmu-ilmu keislaman yang berkelanjutan. MD Nurul Ilmi telah mendapatkan persetujuan pendirian Madrasah Diniyah swasta oleh Kantor Departemen Agama Kabupaten Bogor dengan Surat Keputusan Nomor : MI.10/6/PP.03.2/438/2003 tanggal 24 September 2003 dan memperoleh Nomor Statistik Madrasah 412320319217.

Maksud dan Tujuan MD Nurul Ilmi :

1. Mendidik generasi muda sehingga mampu mengaplikasikan nilai-nilai ajaran Islam dalam realitas kehidupan di Indonesia;

2. Menumbuhkan semangat dan minat pengkajian dan pengembangan ilmu yang berorientasi pada nilai-nilai ajaran Islam;

3. Terciptanya proses pembelajaran nilai-nilai Islam secara utuh dan terwujudnya lingkungan yang kondusif bagi pembentukan generasi yang mandiri dan berdaya saing.

IV. KURIKULUM PENDIDIKAN

Kurikulum yang digunakan di Madrasah Diniyah Nurul Ilmi adalah Kurikulum Madrasah Diniyah yang merupakan penggabungan paket pembelajaran dari Departemen Agama seperti Aqidah, Akhlaq, Tarikh Islam, Bahasa Arab, Fikih, Al-Qur’an dan Hadits dan paket khas dari Yayasan berupa metoda pembelajaran Qiraati, Tahfidz dan Tsaqofah Islamiyah.

V. FASILITAS, PESERTA DAN TENAGA PENGAJAR

Dengan jumlah santri atau peserta didik 100 (seratus) orang, MD Nurul Ilmi memiliki 5 orang guru dan menempati fasilitas pendidikan berupa Rumah Penduduk dengan hak pakai (pinjam) type 80/140 yang memiliki 4 ruang belajar.

Sarana Belajar yang dimiliki saat ini berupa:

a. Meja santri = 20 unit meja panjang , masing-masing untuk 3 siswa;

b. Meja Guru = 5 unit;

c. Papan Tulis Putih = 5 unit;

d. Meja dan Kursi kayu mini = 10 unit

e. Kursi Lipat = 17 unit

f. Lahan Kosong milik pengelola berupa 150 m2

Tenaga Pengajar terdiri dari alumni IKIP, IAIN dan Madrasah Aliyah.


VI. PENUTUP

Mengingat kebutuhan terhadap sarana dan prasarana adalah hal yang penting bagi kelancaran proses pembelajaran MD Nurul Ilmi, kami mengajak bapak/ibu untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana pembangunan madrasah ini. Semoga Allah meridloi langkah kita dan membalas kebaikan bapak/ibu baik di dunia dan di akhirat. Amin.


Tidak ada komentar: